Bisnis Internet: Berbagi Pengalaman (3)

.

EITS, Masih Ada artikel yang mengulas tips bagi pemula sebelum fokus di belantara bisnis Internet. Artikel yang satu ini, saya kutip di blognya Mas YOPAN PRIHADI dengan judul Tips Bisnis Internet. Secara formal saya belum minta ijin ke Mas YOPAN PRIHADI. Maaf yah, Berikut Naskahnya:

Mencari dan mendapatkan bisnis di internet itu adalah mudah, dari sudut manapun Anda mencarinya...Anda akan mendapatkannya, bisa dari iklan baris, groups mailling list, search engine dll.
Tetapi bagaimana cara mendapatkan sebuah bisnis yang mempunyai keuntungan ganda untuk Anda, maksudnya disamping Anda mendapatkan income, juga mendapatkan sesuatu yang bernilai lebih dari pengelola bisnis internet.


Terdapat 3 jenis penghasilan yang didapat dari internet marketing sebagai bahan pilihan untuk Anda yang ingin memulai bisnis di internet yang bisa menghasilkan profit income secara bertahap :



1. Bisnis Affiliate (Menjual produk orang lain..istilah kerennya Affiliate Marketing)
Anda akan mendapatkan URL yang siap untuk di promosikan kepada pengunjung website dan ketika Anda berhasil mengajak atau menjual produknya, maka Anda akan mendapatkan keuntungan.
2. Ads Marketing (Menyediakan website untuk menampilkan iklan orang lain)
3. Product Creation (Menjual produk sendiri)

Nah..disini saya ingin menitikberatkan dan fokus kepada nomor 1 (Marketing affiliate).
Kenapa demikian...dan tolak ukurnya apa...kenapa harus memulai dari bisnis affiliate!!!
Ok friend...I answer yach...

- Anda tidak perlu repot-repot bikin website, tinggal daftar dan langsung promosikan (maksudnya Anda akan mendapatkan URL sendiri)
- Bisnis Affiliate atau marketing affiliate adalah salah satu diantara bisnis internet yang bisa mengembangkan Anda belajar dari awal bagaimana mendapatkan uang dari bisnis online.
- Bagi Anda yang baru terjun ke dunia bisnis internet, bisnis affiliate adalah landasan atau dasar pertama untuk memahami dan menjadi tahu apa itu bisnis internet (misal, pengenalan istilah bisnis online, cara promosi, cara mendatangkan pengunjung ke URL Anda, dll).

Dari mana Anda memulai dan bagaimana cara mendapatkannya agar dapat memberikan nilai dan kembalian lebih bagi Anda, inilah tips-nya :

1. Tentukan dulu oleh Anda sendiri, apa yang Anda inginkan...apa yang ingin Anda kuasai...Apa yang ingin Anda ketahui...
2. Carilah website yang memberikan pelajaran atau pengetahuan yang Anda butuhkan disamping keinginan Anda mendapatkan uang. Misalkan Anda ingin menguasai pembuatan website, maka carilah yang Anda butuhkan....jangan terjebak dengan sesuatu yang tidak Anda butuhkan.
3. Jangan terjebak dengan website yang menjanjikan harapan mendapatkan uang jutaan secara instan dalam hitungan hari / minggu...Karena Anda tidak akan pernah mendapatkannya...
Ingat..pengelola website bisa saja mendapatkan jutaan rupiah dalam hitungan hari karena pengelolanya sudah punya pangsa pasar yang jelas, sudah menguasai secara teknis dan Anda belum tentu bisa mendapatkannya...
Sekali lagi jangan pernah terjebak dengan website yang terlalu dibesar-besarkan oleh pengelolanya karena Anda akan terjebak dengan nilai hampa. Kecuali yang mempunyai Nilai Lebih dari sisi bisnis Anda.
4. Tidak ada uang instan dari bisnis internet...ini dalah pengalaman saya sendiri setelah mengikuti puluhan website yang menjanjikan uang jutaan dalam hitungan hari...dimana pada saat itu saya masih belajar di bisnis online dan saya belum mendapatkan guide yang memadai.
Jika Anda tidak percaya...silahkan coba sendiri dan Anda akan banyak menyesal...karena uang tidak akan didapatkan secara mudah.
5. Carilah bisnis affiliate yang masih baru, dimana kesempatan Anda masih terbuka untuk mempromosikannya sebelum orang lain mendahului Anda atau orang lain sudah ramai-ramai mempromosikannya. Bagaimana cara mencari bisnis baru, silahkan tanya ke paman google atau paman yahoo.
6. Tentukan satu bisnis affiliate yang ingin Anda jalani dan segera take action (promosikan), misal lewat iklan baris gratis, kirim email (jika punya relasi), aktif di mailing list, contoh yang paling banyak di groups yahoo.
7. Baca dan simak dengan baik isi dari website dengan seksama dan jangan tergesa-gesa, jangan terpengaruh dengan kata-kata yang terlalu dibesar-besarkan, lihat kontensnya dan tanyakan kepad diri sendiri "Apa manfaatnya untuk Saya jika saya mendapatkan ini".
Pengalaman saya, saya banyak terjebak dengan HYPD atau kata-kata yang berlebihan sehingga saya tidak dapat melihat kontens dengan baik yang sebenarnya yang saya butuhkan.
8. Saya tegaskan kembali, carilah bisnis affiliate yang memberikan nilai kembalian lebih untuk Anda...jangan terjebak dengan uangnya..karena Anda masih banyak yang harus dikuasai...masih banyak yang perlu Anda pahami.

Nah...setelah Anda menetapkan pilihan bisnis affiliate Anda sendiri, apa yang harus dilakukan :

1. Kebanyak bisnis affiliate menjual eBook dalam bentuk PDF file, baca, pahami dan segera bertindak... lakukan...action...jika Anda diam hanya memenuhi komputer Anda sendiri dan tidak lebih dari sampah yang tidak bermanfaat.
2. Tekuni satu bidang Anda dulu sampai betul-betul paham dan dikuasai sepenuhnya...jangan pernah menoleh kesana kemari (ingat fokus Anda akan terpecah) dan Anda tidak akan mendapatkan apapun apalagi jika uang yang ingin Anda capai....nevermind..believe it...
Jalankan sampai Anda mendapatkan hasilnya / profit yang menguntungkan...fokuskan kepada satu bisnis dulu....saya ulangi Anda harus fokus kepada satu bisnis dulu dan tekuni...
3. Diluaran sana masih banyak hingar bingar bisnis affiliate sejenis yang bisa menggoda Anda untuk mendapatkannya dan sekali Anda terjebak masuk didalamnya tanpa pernah satupun Anda kuasai sepenuhnya...Anda akan banyak mengeluarkan energi, waktu dan uang yang tidak bermanfaat atau katakanlah sia-sia..
Kecuali bilamana Anda sudah mendapatkan hasilnya...barulah Anda mengembangkan sayap kepada bisnis affiliate yang lebih bernilai untuk Anda sendiri.

Disamping uang yang ingin kita raih...Apa yang didapatkan dari bisnis affiliate??
- Pengetahuan dan pemahaman Anda tentang bisnis online menjadi lebih berkembang dan bertambah secara bertahap termasuk didalamnya adalah istilah-istilah asing yang sebelumnya tidak pernah Anda ketahui (contoh untuk yang awam, apa itu webhosting, domain, URL, code paste, banner dll).
- Jika Anda senang berpromosi lewat iklan baris, Anda akan mempunyai keahlian menyusun dan mem-posting iklan dengan kosa kata yang menarik minat pembaca.
- Anda dapat mengembangkan jaringan kerja atau istilah kerenya Networking dan membangun relasi bisnis dari sini..
- Jika Anda aktif, Anda akan dikenal oleh pemain bisnis internet yang lain...

Nah...kesimpulannya jika Anda ingin mendapatkan uang dari bisnis internet atau bisnis apapun namanya, Apakah yang dipikirkannya adalah "Uang" atau "Cara mendapatkan Uang-nya".

Kesalahan saya yang pertama terjun ke bisnis affiliate adalah saya memikirkan uang dan bukannya bagaimana cara mendapatkannya...

sumber:http://blog.yopanprihadi.com/2008/08/tips-mencari-bisnis-internet.html





0 komentar:

 
http://4beginner.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by www.o-om.com